Pastikan anda mengetahui kekuatan apa yang dominan pada diri anda baru kemudian anda menentukan apa bisnis atau profesi anda.

Anda sudah berusaha dan berjuang untuk bisa sukses bisnis selama bertahun-tahun namun anda merasa belum sukses juga. Anda mencoba untuk berjualan selama bertahun-tahun tetap belum ada hasil yang signifikan. Anda sudah mengorbankan uang, waktu bahkan harga diri namun belum berhasil juga.

Apa yang kurang? Bisa jadi bukan karena semangat Anda yang kurang, bisa jadi bukan motivasi Anda yang naik turun. Tetapi cara anda berbisnis ada yang kurang tepat. Setiap orang pasti memiliki kelemahan dan kelebihan, Kalau anda ingin sukses, baik sukses berbisnis atau sukses berkarir, anda harus berbisnis atau berkarir di profesi yang memang menjadi kekuatan anda, bukan kelemahan anda. Kalau anda berlatih, berjuang, anda bekerja di kekuatan anda maka sukses itu merupakan kepastian, hanya masalah waktu.

Yang menjadi pertanyaan adalah kekuatan yang mana? Kekuatan yang dimaksud disini adalah kekuatan alami diri anda, potensi genetik. Apakah anda sudah tahu apa kekuatan alami diri anda dan kelemahan anda? Bisa jadi anda sekedar bekerja tanpa tahu apa potensi anda, tanpa tahu kekuatan mana yang perlu dikembangkan bahkan anda tidak tahu apa yang perlu diwaspadai dari kelemahan-kelemahan diri anda. 

Ini yang membuat sukses tidak segera kunjung datang. Maka pastikan anda mengetahui terlebih dahulu apa bakat, potensi, kekuatan, kelemahan anda. Setelah itu baru anda tentukan apa bisnis atau karir yang sesuai dengan potensi dan bawaan alami anda. 

Oleh :
Sjamsul Harun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *