Siapa yang tak kenal Putri Riani? Penyanyi sekaligus penulis lagu pop solo Indonesia yang meraih Golden Buzzer pada ajang America’s Got Talent 2023. Masih di tahun yang sama, Putri menghiasi perayaan HUT RI ke-78 di Istana Negara. Putri menyanyikan lagu Melati Suci karya Guruh Soekarna Putra. November 2023, Putri mendapatkan penghargaan khusus World Intelectual Property Organization (WIPO) National Awards-Anugerah Musik Indonesia (AMI) Inspiring Artist pada ajang bergengsi AMI Awards 2023.

Remaja berusia 17 tahun ini mulai dikenal saat mengikuti ajang Indonesia’s Got Talent 2014. Saat mengikuti ajang Indonesia’s Got Talent, Putri mendapatkan perolehan pemungutan suara SMS tertinggi dan meraih gelar juara sehingga ia berhak mendapatkan uang tunai senilai 500 juta rupiah.

Di tahun 2016, Putri mendapatkan gelar Penyanyi Cilik Berprestasi tingkat nasional pada ajang Anugerah Baiduri. Di tahun yang sama, Putri menjadi juara 2 tingkat nasional Festival & Lomba Seni Siswa Nasional walaupun ia tereliminasi di babak Sing-Off di ajang The Voice Kids Indonesia musin kedua.

Tahun 2018, saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018, Putri mendapatkan kesempatan membawakan lagu ”Song of Victory” di acara pembukaan pesta olahraga disabilitas se-Asia tersebut, untuk memberikan semangat para atlet disabilitas. Karena Putri sendiri merupakan seorang disabilitas juga.

Putri mengalami kebutaan sejak bayi. Ia lahir prematur dalam usia kandungan 6 bulan 18 hari karena ibunya mengalami plasenta previa. Setelah lahir, Putri harus berada dalam inkubator bayi selama 3 bulan di rumah sakit. Ia di vonis mengalami katarak saat keluar dari inkubator. Orang tuanya sempat membawa ke Singapore untuk berobat namun tidak membuahkan hasil. Putri dinyatakan buta total saat ia masih berusia 3 bulan.

=====

Teman-teman, pelajaran apa yang kita bisa ambil dari kisah Putri Riani diatas? Setidaknya ada 3 pelajaran yang kita bisa ambil :

  1. Bahwa manusia diciptakan tidak sempurna atau memiliki kekurangan. Ada yang kekurangan tersebut bisa dilihat, seperti Putri yang matanya buta. Bahkan ada yang lahir tidak memiliki tangan atau kaki. Selain ketidaksempurnaan pada fisik tubuh, ada juga yang lahirnya tidak sempurna di lingkungan keluarganya. Seperti lahir dari keluarga tidak mampu.
  2. Walaupun lahir dalam kondisi tidak sempurna, ada kekurangan pada indra matanya, Putri masih bisa membuat prestasi. Dalam kondisi kekurangan tersebut, orang tua Putri tidak larut dalam kesedihan dan penyesalan diri namun bangkit untuk memaksimalkan apa yang menjadi kelebihan. Meletakkkan fokus pada kelebihan bukan pada kekurangan. Disamping indra matanya, Putri masih memiliki indra suara dan indra pendengaran. Keluarga Putri fokus bagaimana indra suaranya bisa bagus. Makanya saat Putri lulus SMP, ia melanjutkan ke SMK Negeri 2 Kasihan yang dikenal sebagai Sekolah Menengah Musik Yogyakarta.
  3. Hidup adalah sebuah pilihan. Diantara kekurangan dan kelebihan yang kita miliki, mana yang akan kita pilih untuk jalan hidup kita. Apakah memilih untuk menjadikan kekurangan sebagai alasan atau memilih untuk fokus pada kelebihan?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *